Di jaman modern ini, orang-orang lebih sering mencari brand yang mendunia karena dianggap sudah pasti berkualitas. Semakin mahal brandnya, semakin bagus kualitasnya. Di Indonesia, terkadang masyarakatnya pun kurang melirik produk lokal karena dinilai kurang berkualitas.

Tapi jangan salah, beberapa brand yang kamu kira berasal dari negara asing ini sebenarnya asli dari Indonesia lho! Brand ini pun sudah diakui oleh dunia. Jadi sudah pasti kualitasnya patut diacungi jempol. Hmm.. Jadi penasaran nih apa aja ya brandnya? Jangan-jangan brand ini sudah tak asing untukmu namun kamu baru mengenalnya sebagai brand Indonesia ya?


1. Silver Queen




Siapa yang tidak kenal Silver Queen? Produk cokelat yang satu ini paling digemari dan paling sering kita jumpai di super market dan mini market, bukan? Tapi siapa sangka produk terkenal ini ternyata buatan Indonesia. Silver Queen merupakan produk dari PT. Petra Foods yang sudah ada sejak tahun 1950. Saat ini, produk Silver Queen setidaknya telah dijual di 17 negara dan merupakan saingan M&M’S dalam industri cokelat dunia.


2. The Executive




The Executive merupakan brand fashion yang berasal dari Indonesia. Awalnya mereka menggunakan brand Executive 99, baru pada sekitar tahun 2000 mereka menggunakan brand The Executive. Brand ini terkenal dengan kualitas mereka yang baik, bahkan mereka pernah menerima ICSA (Indonesian Customer Satisfaction Award) pada tahun 2005 untuk kategori kemeja pria. Brand Fashion yang diproduksi di Bandung ini pertama kali didirikan oleh Johanes Farial yang bernaung di PT. Delami Garment Industries. Kini, pemasaran The Executive sudah mulai merambah ke Negara Asia Tenggara, salah satunya Malaysia.


3. Lea Jeans




Tak heran kalau kebanyakan masyarakat menduga kalau jeans yang satu ini produk asal Amerika. Sebab, nama serta logonya Lea sendiri mirip dengan bendera Amerika. Padahal, brand Lea ini merupakan produk asli Indonesia yang dikelola PT. Lea Sanent sejak 1976. Tak heran dengan kualitas produknya yang sangat bagus membuat Lea jeans mampu bersaing dengan brand terkenal luar negeri lainnya.


4. J.CO Donuts and Coffee




Pasti kalian sudah sangat tak asing dengan brand yang satu ini, tapi tahukah kalian kalau sebenarnya J.CO produk lokal asli Indonesia. Logo J.CO sendiri sebenarnya adalah burung merak yang merupakan hewan dari Indonesia. J. CO Donuts and Coffee pertama kali dibuka di Supermall Karawaci pada tahun 2005. Saat ini usaha yang dimiliki oleh Johny Andrean Group ini telah membuka cabang di berbagai kota di Indonesia dan beberapa negara lain seperti di Malaysia, Philipina, Singapura dan China.


5. Maspion




Maspion merupakan salah satu produk yang sangat terkenal di Indonesia. Brand ini memfokuskan usahanya pada berbagai kebutuhan rumah tangga. Brand ini merupakan milik Group Maspion yang pabriknya terdapat di beberapa kota di pulau Jawa seperti di Sidoarjo, Gresik dan Jakarta. Nama Maspion sendiri ternyata memiliki arti yang sangat nasionalis yaitu Mengajak Anda Selalu Percaya Industri Olahan Nasional.


6. Polygon




Polygon merupakan salah satu brand sepeda asli Indonesia yang sangat digandrungi masyarakat. Sebuah produsen sepeda bernama Insera Sena (di Sidoarjo) awalnya memproduksi sepeda tanpa merek sejak 1989. Sepeda tanpa merk produksi Insera Sena sudah diekspor ke 5 benua di dunia. Lalu pada akhirnya memproduksi dengan merk Polygon. Kualitasnya pun sudah tidak perllu diragukan. Bahkan sepeda ini juga dipakai oleh beberapa tim dan atlet sepeda kelas dunia.


7. Hoka-Hoka Bento




Siapa sangka kalau restoran cepat saji bertama Jepang ini adalah restoran milik perusahaan Indonesia? Hoka-Hoka Bento didirikan oleh Hendra Arifin pada tanggal 18 Apri 1985 di ibu kota Jakarta. Saat ini restoran cepat saji ini berada di bawah naungan PT. Eka Bogianti. Restoran pertama mereka berada di Kebun Kacang, Jakarta. Hoka-Hoka Bento tidak hanya digemari di Indonesia, tetapi oleh negara-negara di Asia.


8. Eiger




Produk yang menjual tas, sandal gunung, dan berbagai perlengkapan untuk mendaki gunung dan kegiatan outdoor ini sangat terkenal di Indonesia. Harga yang ditawarkan juga mahal. Masyarakat beranggapan produk ini merupakan produk Eropa karena namanya diambil dari salah satu gunung di Swiss, serta melihat kualitas produk dan harga yang ditawarkan. Merk Eiger sendiri berada dibawah PT. Eksonindo Multi Product Industry dengan pabrik yang berada di daerah Soreang, Bandung.


9. Buccheri




Dari namanya saja, orang-orang beranggapan produk ini merupakan produk luar negeri. Namun sebenarnya Buccheri ini diproduksi oleh perusahaan asal Indonesia yaitu PT. Vigano Cipta Perdana pada tahun 1980 dengan toko kecil di wilayah Pasar Baru, Jakarta Pusat yang kini sudah memiliki banyak puluhan cabang yang sudah tersebar di seluruh Indonesia.


10. Polytron




Biasanya, brand elektronik yang booming dan mendunia sudah dengan otomatis kita cap sebagai produk dari Jepang karena memang brand elektronik negara tersebut memang sudah mendunia dan kualitasnya pun sudah diakui dunia. Tapi siapa sangka Polytron merupakan brand elektronik asli Indonesia yang mampu bersaing dengan produk-produk dari Jepang dan Korea yang diproduksi oleh PT. Hartono Istana Teknologi (nama saat ini). Saat ini Polytron memiliki 2 buah pabrik yang terletak di Kudus dan Semarang.

Wah, ternyata brand asal Indonesia ini gak kalah terkenal dengan brand asal luar negeri. Kita patut berbangga ya menjadi orang Indonesia. Semoga ke depannya, kita lah yang akan menghasilkan lebih banyak brand yang akan dikenal tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di seluruh dunia.


  • Artikel (Informasi)dari kategori yang sama